Jumat, 23 Oktober 2015

Mendeteksi Gejala Kompresor Ac Mobil Rusak

 Indikasi awal kompresor ac mobil bermasalah atau kompressor ac mobil rusak adalah bunyi ngorok, tetapi belum tentu rusak, kemungkinan freon kurang atau freon yang ada di dalam sistem ac kurang dari 80 persen atau pun disebabkan karena oli kompresor kurang. Mengetahui ciri-ciri kompresor ac rusak pada ac mobil atau tanda tanda dan gejala kompresor ac mobil rusak atau mendeteksi gejala kerusakan kompresor ac mobil dari pengalaman penanganan dan perbaikan atau service ac mobil.
Seperti saya uraikan di awal tulisan, adapun gejala awal yang bisa dirasakan atau dideteksi jika kompresor ac mobil rusak diantaranya adalah seperti bunyi tak wajar saat ac hidup atau kompresor ac bunyi berisikserta hembusan udara yang kurang dingin saat rpm mesin rendah adalah salah satu indikasi awal rusaknya kompresor ac mobil.
Berikut adalah gejala yang bisa dideteksi jika kompresor ac mulai bermasalah:

1. Kompresor ac bunyi
Pada saat ac mobil dihidupkan terdengar suara agak kasar dari ruang mesin tetapi begitu tombol ac digeser lagi ke posisi OFF, suara di balik kap mesin kembali normal.
Penyebab suara kompresor kasar atau ngorok bisa karena oli kompresor kurang akibat terjadi kebocoran, terjadi keausan pada piston kompresor dan silinder piston kompresor, bearing puli kompresor longgar atau oblag dan terkadang bukan karena oli kompresor kurang tetapi karena jumlah freon kurang.
Hal diatas bisa dilihat jelas terjadi pada ac Avanza,Toyota Limo atau Kijang Innova yang menggunakan kompresor mirip. Ketika freon kurang dan setelah ditambah freon saja “tanpa ditambahkan oli kompresor” bunyi ngorok kompresor tersebut hilang.
2. Kompresi kompresor ac lemah atau berkurang
Ciri-ciri kompresor ac lemah adalah pada saat awal hidup ac hembusan udara AC terasa kurang dingin apabila mesin berada di rpm rendah. Tetapi ketika mesin digas hingga 2000 rpm atau mobil mulai jalan di kecepatan tertentu, hembusan angin mulai terasa lebih dingin.
Selain telah terjadi keausan pada dinding piston dan silindernya kompresi kompresor berkurang juga bisa disebabkan oleh klep yang ada di atas piston putus. Silakan perhatikan gambar di bawah ini.
3. Bocor pada kompresor
Ciri-ciri terjadi pada kompresor ac adalah pada bodi kompresor terlihat basah oleh oli dan berdebu dan beberapa bagian pada kompresor yang bisa menjadi tempat terjadinya kebocoran sudah ditulis silakan kunjungi Service Ac Mobil.
4. Magnetic clutch ac rusak
Magnetic clutch assy adalah bagian dari kompresor ac, pada kebanyakan magnetic clutch pada kompresor ac rusak adalah karena gulungan spul yang putus atau short, tetapi untuk spul magnetic clutch rusak jika pada spul tersebut terdapat sensor temperatur seperti contoh magnetic clutch ac vios dan toyota limo,kompresor akan kerja lagi setelah suhu kompresor turun. Untuk hal ini silakan kunjungi Ac Mobil Kadang Panas Kadang Dingin.
Jika menemukan ac mobil kita dengan ciri-ciri seperti diatas,sebaiknya segera cek ke bengkel AC mobil untuk service ac mobil. Untuk kompresor yang memang bunyi ngorok karena terjadi keausan piston dan silinder harus mengganti kompresor ac baru dan siapkan dana antara Rp 2-3 juta untuk ganti kompresor.

source : http://doktermobil.indoneka.com

Mendeteksi Gejala Kompresor Ac Mobil Rusak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: valqis inc

0 komentar:

Posting Komentar