Jumat, 23 Oktober 2015

Komponen Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Anda semua pasti pernah mengalami gangguan tidak dingin pada #AC mobil kesayangan anda, padahal AC sudah disetel pada posisi maksimum, dan ketika di cek, Freon pun masih terisi dengan penuh. Kebanyakan hal ini disebabkan oleh gangguan pada compressor, karena compressor adalah jantung dari sistem pendingin pada kendaraan anda. Gangguan pada compressor bisa disebabkan oleh beberapa komponen pendukung yang tidak berfungsi dengan baik. Lalu apa saja komponen yang perlu diwaspadai adanya gangguan ketika AC mobil anda tidak dingin?
  • Sekering

    Apabila sekering putus, maka arus listrik tidak akan mengalir ke compressor, dan compressor pun akan mati, Freon tidak akan menyembur, dan hasilnya AC anda tidak dingin.
  • Ekstra Fan Pada Condensor

    Perangkat ini bertugas mengalirkan udara agar kondensor mampu mendinginkan refrigerant yang panas. Pada beberapa mobil, kipas ini menyatu dengan kipas pendingin mesin.
    Masalah yang sering terjadi adalah, putaran kipas melemah. Selain faktor usia, kotoran yang berada di sistem kelistrikan menjadi biang permasalahan. Jika ada kotoran, itu masih bisa dibersihkan, namun jika motornya yang lemah, maka motor tersebut harus diganti.
  • Oli Compressor

    Permasalahan oli terlihat sepele. Namun jika oli pada compressor berkurang atau habis maka akan mengganggu kinerja compressor. Hasilnya, hwa dingin dari AC tidak akan mengalir.
  • Ekspansi

    Ekspansi ini berfungsi untuk membuka dan menutup semburan tekanan gas Freon yang akan diubah menjadi udara dingin oleh sistem AC. Bila peranti itu kotor atau tersumbat, maka gas Freon tidak akan tersembur maksimal. AC pun tak dingin.
  • Dryer

    Setelah condensor, freon akan melalui tahap penyaringan sekaligus pengeringan dari uap air, untuk tugas ini alat yang berfungsi adalah filter dryer. Apa yang akan terjadi jika filter dryer tidak diganti pada waktunya? Jika filter dryer sudah usang dan sudah terlalu banyak menampung kotoran, maka alat ini menjadi tidak berfungsi lagi sehingga seluruh sistim sirkulasi akan dipenuhi oleh kotoran, sehingga akan mengakibatkan kerusakan pada compressor.
  • Seal “O”RIng

    Komponen ini bentuknya seperti karet gelang atau huruf ‘O’. Fungsinya untuk merekatkan sambungan antarbagian AC agar tekanan udara tidak bocor. Seal karet itu rentan robek atau rusak karena faktor usia.

Masih ada beberapa bagian yang bisa memicu terjadinya masalah di compressor. Kompoen tersebut diantaranya, ring center pice, relay compressor, kontrol tegangan thermostat, amply AC, serta spul magnet AC.
Bila salah satunya bermasalah, compressor pun akan bermasalah . Akibatnya AC akan menjadi tidak dingin, baiknya ketika merasakan ada masalah pada AC mobil anda segera bawa ke bengkel spesialis AC mobil, agar segera tertangani dan biaya perbaikan pun tidak membengkak.

Komponen Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Rating: 4.5 Diposkan Oleh: valqis inc

1 komentar:

  1. Pagi gan.untuk minamal service ac mobil sebaiknya di lakukan secara rutin berapa bulan sekali sob

    BalasHapus