Jumat, 23 Oktober 2015

Tips Menjaga AC Mobil Agar Tetap Dalam Keadaan Baik

Tips Menjaga AC Mobil Tetap Dalam Keadaan Baik - AC ( Air Conditioner) telah menjadi bagian yang penting pada kendaraan demi terciptanya kenyamanan dalam perjalanan anda. Di saat udara panas, AC akan menyejukan anda di dalam kabin kendaraan anda, sedangkan di saat hujan, AC membantu agar kaca pada kendaraan tidak berembun dan tidak mengganggu penglihatan saat berkendara. Disamping itu AC pada kendaraan berperan penting untuk sirkulasi udara di dalam kabin kendaraan anda. Maka dari itu, anda harus selalu menjaga dan merawat AC pada kendaraan anda agar selalu dalam keadaan baik.
Artikel Lainnya : Masalah Pada Blower Resistor

Pada artikel ini kami akan memberikan tips bagaimana tetap menjaga AC pada kendaraan anda agar selalu dalam keadaan baik:
  • Jagalah kebersihan kabin dari debu dan kotoran. Yang perlu paling diperhatikan adalah 2 lembar karpet di depan karena akan tersedot ke dalam evaporator (lembab) sehingga akan menimbulkan jamur yang buruk buat kesehatan penumpang. Bila hal ini dibiarkan, karpet tersebut akan menimbulkan bau yang kurang enak ketika AC pertama kali dihidupkan.
  • Usahakan selalu memilih tempat parkir yang teduh jika Anda hendak parkir dalam waktu yang cukup lama di suatu area yang panas. Udara panas yang masuk ke dalam mobil akan membuat beban pendinginan yang dilakukan AC menjadi lebih berat.
  • Periksalah kipas di depan Condensor apakah hidup ketika AC dihidupkan. Jika tidak, segeralah ganti untuk menghindari kerusakan pada Compressor.
  • Jangan merokok di dalam mobil karena asapnya bisa mengotori Evaporator, sedangkan nikotinnya akan melengket dan berlendir serta menimbulkan bau kurang sedap dan susah hilang.
  • Biasakan sebelum menghidupkan mesin, ingatlah untuk selalu mematikan AC terlebih dahulu. Sesudah mesin stabil baru hidupkan AC. Begitu sebaliknya, ketika hendak mematikan mesin, matikan AC terlebih dahulu sebelum mematikan mesin.
  • Hindari pemakaian pengharum mobil yang mutunya buruk dan upayakan untuk tidak memilih pengharum yang dipasangkan dengan cara dicolok ke grill, sebab sering terjadi patah.
  • Lakukan perawatan rutin pada AC kendaraan anda di bengkel spesialis AC Mobil, setidaknya setahun sekali untuk memastikan kinerja AC kendaraan Anda berada pada level yang optimal.
  • Jika terjadi gejala yang tidak biasa seperti AC kurang dingin segeralah bawa ke bengkel spesialis AC Mobil, agar tidak terlanjur rusak dan menyebabkan anda mengeluarkan biaya yang cukup besar.
source : bram servis

baca Juga : Bengkel AC Mobil Jakarta Pusat

Tips Menjaga AC Mobil Agar Tetap Dalam Keadaan Baik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar